SOAL SOSIOLOGI KELAS XI SEMESTER GANJIL

Posted by Unknown Label:


SOAL SOSIOLOGI KELAS XI SEMESTER GANJIL
Q.1) Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1) Hak istimewa dimiliki golongan terbatas.
2) Kekerabatan berdasarkan warisan biologis.
3) Memungkinkan terjadinya mobilitas vertikal
4) Status sosial individu relatif tidak berubah.
Yang termasuk ciri struktur masyarakat feodal kerajaan adalah ....
A.
B.
C.
D.
E.
Q.2) Di bawah ini adalah kriteria yang dapat dipakai untuk menggolongkan stratifikasi masyarakat, kecuali . . . .
A.
B.
C.
D.
E.
Q.3) Pak Haji Noval tinggal di Kelurahan Kakenturan Atas. Keluarga Pak Haji Noval memiliki tanah yang sangat luas dan berpengaruh di lingkungannya, sehingga ia dijuluki tuan tanah, disegani, dihormati banyak orang. Julukan ini menunjukkan bahwa kepemilikan tanah berfungsi  sebagai dasar.... 
A.
B.
C.
D.
E.
Q.4) Pelapisan sosial berdasarkan system kasta bersifat tertutup, sebab....
A.
B.
C.
D.
E.
Q.5) Stratifikasi sosial masyarakat modern bersifat terbuka, karena....
A.
B.
C.
D.
E.
Q.6) Pelapisan sosial yang bersifat feodal dalam kehidupan masyarakat Jawa dapat dilihat dengan mudah dalam aktivitas sosial seperti….
A.
B.
C.
D.
E.
Q.7) Perwujudan pembagian sosial dalam diferensiasi sosial adalah ....
A.
B.
C.
D.
E.
Q.8) Industrialisasi mendorong munculnya berbagai lapangan kerja baru. Hal ini menyebabkan sistem pelapisan social berdasarkan pada faktor….
A.
B.
C.
D.
E.
Q.9) Pada masa penjajahan Belanda di Indonesia terjadi pelapisan social berdasarkan faktor ....
A.
B.
C.
D.
E.
Q.10) Berikut ini adalah contoh berbagai bidang pekerjaan. 1) Apoteker               3) Guru 2) Advokat                 4) Karyawan perusahaan Jenis pekerjaan tersebut di atas merupakan diferensiasi horizontal, karena . . . .
A.
B.
C.
D.
E.
Q.11) Perbedaan penghasilan, pendidikan, dan keterampilan dapat dijadikan petunjuk adanya diferensiasi sosial atas dasar ….
A.
B.
C.
D.
E.
Q.12) 
Dua individu yang berbeda suku bekerja di pabrik sepatu yang sama. Hubungan keduanya dapat erat karena terjadi interseksi atas dasar ….
A.
B.
C.
D.
E.
Q.13) Perhatikan daftar di bawah ini:
NoEtnisPekerjaanTempat Tinggal
1. 2. 3.Jawa Bugis SangerWiraswasta Pegawai TaniBitung Bitung Bitung
 Konsolidasi sosial terjadi antara individu nomor 1 dan 2 dengan parameter....
A.
B.
C.
D.
E.
Q.14) Sebuah kampung dihuni penduduk yang memeluk agama yang berbeda. Namun, setiap tahun sehabis salat Idul Fitri diadakan hari raya bersama dan saling memaafkan. Fenomena di atas menunjukkan adanya interseksi antara....
A.
B.
C.
D.
E.
Q.15) Penggolongan masyarakat ke dalam kelompok tertentu, seperti pedagang, pegawai, nelayan, pengusaha, pengrajin, dan pejabat pemerintah merupakan diferensiasi sosial berdasarkan . . . .
A.
B.
C.
D.
E.
Q.16) Konflik sosial yang terjadi dapat disebabkan oleh adanya perbedaan . . . .
A.
B.
C.
D.
E.
Q.17) Penyebab utama terjadinya konflik di lingkungan perusahaan adalah . . . .
A.
B.
C.
D.
E.
Q.18) Ketika terjadi konflik antara kelompok masyarakat yang dipicu oleh masalah penggunaan lahan pertanian di suatu tempat, masalah tersebut diselesaikan di pengadilan berdasarkan hukum yang berlaku. Dari kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa masyarakat menganggap . . . .
A.
B.
C.
D.
E.
Q.19) Dua kelompok geng terlibat tawuran massal setelah dipicu oleh keributan persoalan lahan kerja keamanan tempat-tempat hiburan. Konflik tersebut dipicu oleh . . . .
A.
B.
C.
D.
E.
Q.20) Masyarakat majemuk sangat rentan terhadap konflik sosial, terutama masyarakat majemuk dengan ciri-ciri adanya . . . .
A.
B.
C.
D.
E.
Q.21) Perhatikan pernyataan di bawah ini: Ayah (petani), Ibu (petani). Anak ke-1 (petani), anak ke-2 (pedagang) dan anak ke-3 (pengusaha sukses). Dari penyataan diatas menandakan telah terjadi mobilitas sosial….
A.
B.
C.
D.
E.
Q.22) Hampir dua puluh tahun Pak Aminto bekerja di sebuah perusahaan makanan. Oleh karena prestasi dan hasil kerja yang bagus, Pak Aminto diangkat menjadi kepala bagian. Mobilitas social yang dialami Pak Aminto disebut…..
A.
B.
C.
D.
E.
Q.23) Faktor utama yang mendorong golongan miskin untuk melakukan mobilitas sosial adalah . . . .
A.
B.
C.
D.
E.
Q.24) Seseorang yang menempati lapisan sosial bawah dalam masyarakat di sebut ….
A.
B.
C.
D.
E.
Q.25) Perhatikan pernyataan di bawah ini: 1. Kekayaan                      4. Kesehatan 2. Kehormatan                  5. Kekuasaan 3. Kerohanian                   6. Ilmu Pengetahuan Dari pernyataan di atas, yang merupakan proses terjadinya mobiltas sosial adalah....
A.
B.
C.
D.
E.

0 komentar:

Posting Komentar